Klik WhatsApp

Sumber Modal Bagi Kamu Pengusaha Pemula

Sumber Modal Bagi Kamu Pengusaha Pemula

Source : https://jagad.id/

Kalau sudah niat, pasti ada jalan kok.

Kira kira itulah nasihat yang cocok buat para pengusaha yang ingin atau baru saja memulai bisnis nya. Sebenarnya niat sudah terkumpul, tapi untuk mengambil langkah pertama pasti ada saja tantangan dan hal lainnya yang bikin tertunda. Salah satu masalah yang tidak bisa dihindari bagi sebagian calon pengusaha adalah tentang modal.

Hal yang satu ini sering sekali digunakan sebagai alasan rencana bisnis yang penuh inovasi dan perencanaan yang detail harus terbengkalai begitu saja. Padahal bisa jadi bisnis tersebut sebenarnya potensial. Tenang, hal ini wajar kok dialami para calon pengusaha.

Seperti masalah yang lainnya, pasti ada jalan keluarnya. Nah, berikut ini adalah beberapa sumber modal yang bisa kamu pertimbangkan untuk memulai usahamu.

Tabungan Milik Pribadi

Tabungan milik pribadi adalah salah satu sumber modal yang paling mudah dengan risiko yang kecil, makanya kamu perlu menyimpannya jauh-jauh hari. Untuk bisa mencapai modal ini sebaiknya kamu mulai menyisihkan gaji dengan target tertentu setara dengan modal yang diperlukan.

Kamu harus pintar pintar memanage tabungan agar tidak tercampur dengan dana lain. Kamu bisa menyisihkannya dalam satu rekening sendiri supaya tak tercampur dengan tabungan untuk kebutuhan lainnya. Memang mungkin waktu yang diperlukan cukup lama tapi tetap bisa kok dicapai asal kamu mau konsisten dan disiplin menyimpannya.

Menjual Aset

Nah, jika menabung dirasa membutuhkan waktu terlalu lama, kamu bisa menjual aset milikmu dan menggunakan hasilnya sebagai modal usaha kamu. Namun, ada beberapa hal yang harus kamu korbankan untuk mendapatkan modal ini. Seperti waktu, tenaga, dan bahkan aset yang kamu miliki.

Mungkin hal ini sangat berat dan beresiko untuk dilakukan, tapi disisi lain justru penjualan aset ini bisa digunakan sebagai motivasi supaya usaha yang dijalankan tidak sia-sia dan bisa membeli kembali lebih dari yang sudah dikorbankan.

Menarik Investor

Untuk menarik investor kamu bisa memulainya dengan meminta orang terdekatmu untuk investasi. Syaratnya bisnis yang kamu jalankan sudah dengan perencanaan yang matang.

Pertimbangan dalam memilih orang terdekat adalah adanya kepercayaan satu sama lain, makanya mereka biasanya juga mau mendengarkan idemu. Oleh sebab itu, kamu perlu membuat perencanan yang detail dan saksama dengan tujuan yang jelas supaya mereka mau meminjamkan uang untuk modal usahamu. Kalau perlu, ajukan juga proposal atau business plan sebagaimana semestinya menarik investor untuk bisnis kita.

Dan akan lebih baik lagi jika kamu memberikan batasan waktu tertentu untuk mengembalikan uang tersebut sehingga tidak terlena hingga kebablasan lupa mengembalikan dan malah merusak tali pertemanan.

Mencari Rekan Usaha

Jika merasa terlalu berat menanggung modal sendirian, kamu juga bisa membaginya dengan mencari rekan usaha. Alternatif ini bisa kamu pilih untuk mengumpulkan modal awal yang bisa dibagi dengan temanmu.

Pilihlah temanmu yang memiliki visi misi serta value yang sama dalam membangun bisnis sehingga tak terlalu banyak perbedaan pendapat yang akan terjadi saat menjalaninya.

Sebaiknya, sejak awal kalian sudah membahas segala sesuatu secara rinci mulai dari perencanaan produk, bagaimana memasarkannya, bagaimana membagi keuntungan, dan lain-lain. Memiliki rekan bisnis juga bisa membuatmu bertukar pikiran dengannya perihal ide dan pendapat yang mungkin belum terpikirkan sebelumnya olehmu.

Modal Dari Konsumen

Mungkin sumber mendapatkan modal yang satu ini tidak terpikirkan olehmu. Ya, ternyata kamu juga bisa mendapatkan modal dari konsumenmu juga, tapi biasanya hal ini berlaku hanya untuk jenis bisnis tertentu.

Biasanya modal ini didapatkan saat kamu menerapkan sistem open pre-order pada bisnismu, sehingga kamu hanya akan membuatkan produk saat ada pesanan dan meminta mereka untuk membayar di awal yang jumlahnya bisa kamu tentukan sendiri. Hal ini biasa disebut DP (Down Payment) atau uang muka.

Bisnis yang cocok untuk sistem ini misalnya katering atau custom baju dalam jumlah yang banyak. Sistem ini juga bisa digunakan untuk mengurangi risiko kerugian.

Nah, itu dia sumber modal yang bisa kamu coba guna mendukung berdirinya bisnis baru kamu. Untuk kamu yang gak mau repot untuk melakukan prepare segala kebutuhan untuk membuka suatu usaha, Bengkel Booth menyediakan bermacam paket usaha yang bisa kamu coba untuk memulai bisnis. Kamu akan mendapatkan fasilitas lengkap dan kelebihan lainnya dengan harga yang sangat terjangkau. Jemput rejekimu sekarang!